Selasa, 08 April 2014

JR # MINGGU KE 8 ( PEMASARAN / MARKETING ).

                                                                                                                TGL.2 MARET 2014
        
                                   JR # MINGGU KE 8 ( PEMASARAN / MARKETING ).

       Sebelum memulai bisnis nanti saya harus bisa promosi dari mulut ke mulut untuk mempromosikan pro-
  duk-produk yang akan saya jual kepelanggan. Walaupun ngerjain tugasnya sampai malam-malam tapi te-
   tap semangat.


   PENTINGNYA PROMOSI WORD OF MOUTH.

Word of Mourh atau bisa disebut dengan promosi dari mulut ke mulut-
selalu menjadi fenomina marketing yang menarik untuk dibicarakan.
Beberapa orang pemasar mempunyai pandangan yang skepsi dan memandang rendah promosi seperti ini. Karena sering kali promosi se -
perti ini memerlukan biaya yang sangat kecil. Dan juga tidak memerlukan biaya sama sekali. Promosi seperti ini juga memberikan tantangan kepada seperti ini juga bisa memberikan tantangan kepada seperti pro -
mosi yang lain yang memerlukan biaya besar.
Seperti halnya iklan, dimana bila kita menginginkan visual dan promosi  -
yang tinggi, maka kita harus membayar selalu membayar lebih.
Promosi mulut ke mulut ini dapat dibagi menjadi dua aspek adalah volume dan konten. Diantara dua aspek -
tersebut, volume adalah yang terpenting. Untuk dapat meneliti aktivitas word of mouth, disarankan untuk -
mengamati arah, jangkauan, tingkat aktivitas , dan nada / tone dari volume suara yang ada.

Kalau informasi benar tersedia dalam word of mouth, setiap keputusan baru harus dibuat tentang bagaimana-
kita harus berreaksi. Sebuah saran untuk para marketer , yang mempunyai pengetahuan tentang word of  -
mouth mengenai suatu  perusahaan atau produk, harus menanyakan pada diri mereka.
Apakah ini masalah komonikasi atau performane ? Komonikasi lebih sulit untuk diperbaiki karena mereka -
mereka berada diluar kontrol langsung perusahaan. Masalah performase dapat dikoreksi dengan lebih cepat-
,tapi yang penting untuk memberi tahu pelanggan dan publik mengenai hal tersebut.

Dijaman sekarang dimana para pelanggan dibanjiri dengan ribuan pesan iklan atau komersial serta pesan pri-
badi. Maka promosi word of mouth dari orang-orang yang mereka percaya amatlah penting.
Promosi ini dapat secara signifikan membant bagaimana produk dan jasa bisa dibeli,persepsi pelanggan da -
pat dibentuk, dan tren baru juga dapat terbentuk.

Promosi dari mulut ke mulut yang berasal dari orang lain yang dipercaya oleh seorang pelanggan dapat men-
jadi rejeki tersendiri bagi para marketer. Setiap organisasi mengetahui benar value dan yang dapat ditimbul-
kan akan promosi dari lain yang sudah dipercaya benar oleh pelanggan.


MARKETING MIX 

Konsep marketing mix merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini.
Dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan pe
rusahaan dalam mengejar maksimum profit.

Marketing mix dapat dibagi menjadi 4P yaitu 
1). Product ( produk ).
2). Price ( harga ).
3). Plance ( promosi ).
4).Promotion ( promosi ).
Keempat produk diatas merupakan penetu dalam menganalisa pasar secara keseluruhan, selanjutnya penulis akan menguraikan keempat komponen diatas sebagai berikut.

1). Product ( produk ).
     Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimi-
     liki, digunakan, dikosumsi yang dapat memuaskan kebutuhan. Suatu prodak dapat suatu benda, jasa, dan
     keinginan lain untuk melukiskan sesuatu keinginan. Untuk setiap pengusaha harus mengetahui perkemban-
     gan kebutuhan konsumen melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan menyesuaikan diri dalam -
     menciptakan produk.

 2). Price ( harga ).
      Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi-
      permintaan pasar dan mempengarui posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen.
      Harga merupakan indicator dari pada barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati memperhatikan -
      potensi pasar. Oleh sebab itu, menentukankan harga perlu diperhatikan agar harga yang diterapkan da -
      pat dijangkau oleh konsumen.
 3). Plance ( distribusi / tempat ).
      Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna lagi bagi konsumen / pembeli apa
      bila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan.
      Dalam pencapaian tujuan utama dari pemasaran yakni menyalurkan barang / jasa. Secara efisien dari pro
      dusen ke konsumen,maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran ( distribusi ) sebagai mata rantai yang-
      harus dilalui oleh barang dari produsen ke konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat.
     Barang yang dihasilkan oleh para produsen biasanya tidak secara langsung mereka menjualnya kepada -
      konsumen. Tetapi biasanya mereka melalui suatu perantara agar produk yang dihasilkan dengan mudah-
      sampai ketangan konsumen. Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh -
      produsen yang menyalurkan barang tersebut dari produsen ketangan konsumen sebagai pemakai.
     Saluran distribusi yang digunakan adalah suatu struktur yang menggambarkan alternatif saluran yang dipi-
     lih oleh para produsen ,seperti pedang besar, agen dan pengecer. 

    Hal ini produsen mempunyai tiga alternatif adalah 
  1). Distribusi Insetif.
       Distribusi ini dapat digunakan oleh para produsen yang menjual komponen perusahaan yang berusaha-
       menggunakan penyalur tertama pengecer sebanyak untuk mendekati para konsumen.
  2). Distribusi Selektif .
        Perusahaan yang menggunakan distribusi ini berusaha memilih sejumlah pedagang besar atau pengecer-
        , agen yang terbatas dalam suatu daerah. Saluran ini biasanya digunakan untuk memasarkan suatu pro-
        duk baru.
  3). Distribusi Ekslusif.
        Saluran ini dilakukan oleh perusahaan dan hanya menggunakan suatu pedagang besar atau  pengecer -
       dalam daerah tertentu. Jadi produsen hanya menjual produknya kepada pedagan besar saja dengan men
       ggunakan satu penyalur. Maka produsen akan lebih mudah mendapatkan pengawasan pada tingkat har-
       ga eceran maupaun usaha kerja sama dengan penyalur dalam periklanan. Pemulihan saluran distribusi -
       merupakan suatu masalah yang sangat penting sebab keterlambatan barang sampai ketangan konsumen-
       dapat mengurangi keuntungan yang diterima oleh perusahaan.
 
   4). Promotion ( promosi ).                                                                                                                                 Promotion adalah suatu usaha perusahaan atau individu memberikan dan mempengarui serta menarik -
       konsumen secara langsung terhadap produk yang dihasilkan. Promomosi adalah cara yang efektif da-
         lam merebut konsumen dipasaran, serta memperkenalkan barang baru yang diproduksi. 
 

    STP ( SEGMENT, TARGETING , POSITIONING ).                                                                                
    Dalam marketing salah satu langkah awal yang dilakukan adalah melakukan STP yaitu Segmentasi, Targe-
    ting, Positioning.
    Apakah Segmentasi, Targeting, Positioning itu ?
    Hal ini berkaitan dengan siapakah pelanggan yang ingin dibidik oleh perusahaan.         

   SEGMENTING :        
   
   Segmentasi adalah proses mengelompokkan pasar berdasar kategori tertentu.
   Segmentasi dilakukan berdasarkan biografi,demografi, tingkat pendapatan, psychographic, tingkah laku, -
   status pemakai, tingkatan konsumen, dan kesetiaan pelanggan.

    TARGETING.  

     Targeting adalah proses mengevalusikan setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih karak
     terstik untuk dilayani. Dalam proses ini perusahaan mempertimbangkan apakah akan memilih segmen ma
     sal,beberapa segmen, segmen kecil, dan segmen yang sangat kecil.
     Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih segmen yaitu sumber daya perusahaan, variasi pro-
    duk perusahaan, produk life cycle, variasi pasar dan strategi pasar.

     POSITIONING   

     Positioning adalah penamaan suatu produk dihati konsumen.
     Tujuan posisi yang bisa dipilih oleh perusahaan dalam memperkuat dan memperluas posisi perusahaan  -
      yang sekarang,membuat posisi baru yang belum dibuat oleh perusahaan lain, melakuan reposisi dalam -
     persaigan, dan menciptakan eksklusifitas.
   
    Misalnya KFC:

    SEGMENTASI  
    Demografi segmentasi, KFC menawarkan produk yang berbeda seperti happy meal yang memberikan -
    mainan gratis kepada anak-anak. KFC telah membuat lingkungan yang cocok bagi para siswa sekolah -
    untuk bergaul dengan teman-temannya dan bisa makan siang di KFC. Psychographic segmentation, den
   gan adanya KFC kini konsumen bisa menikmati makan dengan suasana dan kenyamanan yang berbeda.
 
    TARGETING 
    -Pria dan wanita, anak-anak,mahasiswa dan keluarga. Mereka juga membuat KFC sebagai tempat ber -
     santai dan bahkan hiburan.
    
    POSITIONING 
    KFC telah disarankan sebagai restoran keluarga. Dimulai dari posisi anak-anak dengan memperkenalkan-
    iklan baru mainan dengan produk happy meal KFC kini diterima anak muda, dewasa, dan segala usia.

    STP ini secara singkat adalah membagikan masyarakat kemudian memilih target market yang dianggap -
    menguntungkan lalu membangun persepsi dipikiran para target market ini sesuai dengan yang diinginkan.
  
     Pemasaran ( marketing ) adalah proses penyusunan komonikasi terpadu yang bertujuan tentu memberi -
     kan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan-
     manusia.
     Apa beda pelanggan dan konsumen  :
    - Konsumen = consumer 
    - Pelanggan = customer 
      
      Beda Arti : 
    1). Konsumen adalah pemakai prodak / jasa.
    2). Pelanggan adalah pembeli produk / jasa kita secara rutin atau berulang-ulang.
         Harapan kita agar semua konsumen akhirnya dapat menjadi pelanggan.

    Buat bpk / ibu dosen, Pak. Nur Agustinus, Ibu.Poedjiati Tan, Pak. Teddy Saputra, saya ucapkan banyak
    banyak terima kasih atas ilmu yang sudah diberikan kepada saya.

    SALAM  ENTREPRENEUR.

                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar